Twitter analytics, seperti pada platform digital lain, digunakan untuk mengukur data-data yang terkumpul. Sejumlah fitur seperti share, like, dan retweet digunakan untuk mengumpulkan data dari user yang berinteraksi. Namun, belakangan Twitter menambahkan fitur-fitur baru yang nantinya menunjang Anda menganalisis data, seperti yang dijelaskan dalam poin-poin berikut:
- Account home. Melalui account home, Anda dapat memperoleh data dari tweet, kunjungan profil, followers, hingga sebutan (jumlah username yang dipakai dalam tweet orang lain);
- Tweet activity. Fitur memberikan gambaran luas jumlah tweet beserta tayangan organiknya. Beberapa hal yang termasuk ke tweet activity adalah tayangan, keterlibatan, dan rasio atau;
- Audience insights. Data yang mencakup audience insights adalah interest terhadap subjek yang diminati, bahasa yang digunakan, jenis interest teratas, serta jejak selular operator;
- Browse events on Twitter. Untuk memenuhi aspek fitur ini, Anda bisa mengecek acara penting yang berlangsung, misalnya film, olahraga, konser, maupun tren berulang;
- Data lain. Selain keempat fitur analytic di atas, data-data lain yang dapat dimanfaatkan mencakup kartu Twitter, manajer aplikasi, video, dan pelacakan konversi.
Matamaya dalam hal ini siap membantu Anda memantau performa strategi yang digunakan berdasarkan analisis dari Twitter analytics. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengevaluasi dan merancang strategi baru untuk kebutuhan personal maupun bisnis.